VISI : TERWUJUDNYA KELESTARIAN KAWASAN HUTAN DAN FUNGSI HUTAN
YANG BERKEADILAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASAMAN

Touring de Pasir Pangaraian ala Rimbawan Pasaman

Selasa, 25 Oktober 2016 dishut

Hal sederhana yang dilakukan bersama terkadang bisa menjadi pengobat stress dan sekaligus memupuk semangat jiwa korsa, disela sibuknya rutinitas kantor, salah satunya dengan touring. Hal inilah yang dilakukan oleh rimbawan Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman pada akhir pekan (09/10). Rute yang diambil terbilang cukup jauh dengan jarak kurang lebih 400 km melewati daerah Lubuk Sikaping – Rao – Rumbai – Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Kegiatan kali ini menggunakan ‘terabas’ dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kabupaten Pasaman Yozarwardi UP, S.Hut, M.Si dan diikuti 22 rimbawan yang terdiri dari Polhut dan pegawai Dinas Kehutanan. Kadishut sangat mengapresiasi fisik rimbawan yang ikut dalam touring kali ini karena mengendarai sepeda motor sejauh ini dan di usia yang tidak lagi muda bukanlah perkara mudah, “salut ambo!” ujar Kadishut.

Dalam kegiatan touring ini tim menyempatkan memantau pembangunan dan kondisi hutan di daerah-daerah perbatasan, menurut Yozarwardi S,Hut, M.Si daerah perbatasan seperti Rumbai contohnya perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah agar masyarakat yang ada di sana juga mendapatka fasilitas yang sama dengan daerah – daerah yang berada dekat dengan ibukota, Begitu juga dengan hutannya, perlu perhatian yang lebih agar hutan lindung yang berada di daerah perbatasan ini tetap terjaga dan tidak dihabisi karena kurangnya pemantauan. Dari pemantauan kondisi daerah perbatasan terlihat cukup baik dengan telah diperbagusnya akses jalan menuju Provinsi Riau dan dibangunnya jembatan penyeberangan.

Destinasi akhir dari perjalanan para rimbawan adalah Mesjid Madani yang saat ini menjadi ‘ikonik’ di daerah Pasir Pangaraian. Para Rimbawan berharap di lain waktu kgiatan ini bisa dilaksanakan ke tempat yang sama ataupun lokasi baru yang bisa menambah motivasi kerja para rimbawan.(fadhlan)

Berita Terkait : Ekspedisi Bukit Barisan