VISI : TERWUJUDNYA KELESTARIAN KAWASAN HUTAN DAN FUNGSI HUTAN
YANG BERKEADILAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASAMAN

Monitoring dan Evaluasi Live Hood ke Daerah Pinggiran

Kamis, 8 September 2016 dishut

Dalam rangka pembinaan pada masyarakat sekitar hutan khususnya pada kelompok HKm (Hutan Kemasyarakatan) Pertemuan Saiyo, Kepala Dinas Kehutanan Kab. Pasaman Yozarwardi UP, S.Hut, M.Si  melakukan kunjungan kerja ke Jorong Pertemuan Nagari Muaro Sungai Lolo Kabupaten Pasaman pada 30 Agustus 2016.

Adapun agenda yang dilakukan Kepala Dinas Dinas Kehutanan Kab. Pasaman adalah melakukan monitoring evaluasi  dan pembinaan terhadap Kelompok tani HKm Pertemuan Saiyo yang sedang melaksanakan kegiatan pembuatan Pembangkit Listrik tenaga Micro Hydro, Kegiatan ini merupakan dukungan dana yang berasal dari United Nations Development Program (UNDP). Dalam pembangunan sarana PLTMH ini disupervisi oleh tim teknis KKN Tematik dari mahasiswa Universitas Andalas. Pembangkit listrik ini diharapkan bisa mengaliri listrik ke seluruh perkampungan di Jorong Pertemuan baik untuk rumah penduduk, fasilitas kesehatan (rumah bidan desa) dan fasilitas ibadah (masjid). Dengan penyediaan listrik yang memanfaatkan sumber daya air tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan jorong tersebut dan sekaligus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian hutan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kehutanan Kab. Pasaman Yozarwardi UP, S.Hut, M.Si  bersama rombongan juga melakukan sosialisasi kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan sebagai tindak lanjut hasil rapat koordinasi Dishut Kab. Pasaman dan Polres Pasaman. Masyarakat dihimbau untuk tidak membuka ladang dengan cara membakar, karena selain dapat dikenai sanksi pidana juga dapat merusak hutan.(Fadhlan)

Berita Terkait : Kunjungan Dishut Kab. Pasman