VISI : TERWUJUDNYA KELESTARIAN KAWASAN HUTAN DAN FUNGSI HUTAN
YANG BERKEADILAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASAMAN

HKM Karya Setia Mulai Produksi Gula Aren

Selasa, 25 Oktober 2016 dishut

Dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan kelompok HKm Karya Setia di Jorong Setia Nagari Simpang Tonang Kecamatan Duo Koto, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman telah memberikan arahan dan pembinaan pada acara pertemuan di kelompok HKM Karya Setia pada Kamis (20/10).

Dalam pertemuan tersebut Kadishut memberikan motifasi untuk keberhasilan dan kebersinambungan  usaha pengolah gula aren (brown sugar) atas bantuan yang telah diberikan program UNDP, agar tetap menjaga kekompakan kelompok.

Saat ini Kelompok HKM Karya Setia telah memproduksi gula semut (brown sugar) berkat bantuan penyediaan sarana produksi oleh UNDP yang difasilitasi oleh Dinas Kehutanan Kab. Pasaman dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar

Kadishut meminta kepada kelompok HKm agar dengan bantuan sarana produksi tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok HKm dan masyarakat sekitar hutan, sekaligus dapat menjaga kelestarian hutan melalui penyediaan usaha yang memanfaatkan potensi hasil hutan bukan kayu (HHBK).

Dalam kesempatan yang sama Kadishut juga berpesan agar usaha ini dapat memperkuat kelembagaan kelompok, senantiasa berkembang, dan menjadi contoh dalam pengelolaan hutan berbasis masyarakat (PHBM).(fadhlan)

Berita Terkait : Kunjungan Dishut Kab. Pasman