VISI : TERWUJUDNYA KELESTARIAN KAWASAN HUTAN DAN FUNGSI HUTAN
YANG BERKEADILAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASAMAN

Dinas Kehutanan Kab. Pasaman Adakan Pembekalan Satgas PPHBN

Jum`at, 25 November 2016 dishut

Sebanyak 173 orang anggota Satgas PPHBN dari seluruh nagari di Kabupaten Pasaman mengikuti kegiatan pembekalan Satuan Tugas Pengamanan dan Perlindungan Hutan Berbasis Nagari (SATGAS PPHBN) yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Kab. Pasaman di gedung Kogusda Lubuk Sikaping pada hari Rabu,16 November 2016. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Dinas Kehutanan Bidang Pengamanan dan Perlindungan Hutan untuk memberikan informasi terkini tentang kehutanan dan memperbaharui softskill  dari Satgas PPHBN dalam perlindungan dan pengamanan hutan. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak wakil Bupati Pasaman Atos Pratama dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Ir. Hendri Octavia, M.Sc dan Kepala Dinas Kehutanan Kab. Pasaman Yozarwardi UP, S.Hut, M.Si.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Pasaman sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan setiap tahun sejak dibentuknya Satgas PPHBN lima tahun yang lalu. Beliau berharap agar setiap Satgas yang telah ditunjuk di tiap-tiap nagari di Kab. Pasaman bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya. Menurut Wakil Bupati Pasaman permasalahan kehutanan merupakan masalah krusial yang tidak bisa disepelekan apalagi mengingat permasalahan hutan yang terjadi di berbagai daerah belakangan ini seperti kebakaran hutan dan ilegal loging. Semua pihak berkewajiban dalam menjaga hutan karena ini bukan pekerjaan rumah pemerintah atau SKPD terkait saja, tetapi setiap orang yang tinggal di Kabupaten Pasaman ini harus peduli dengan hutan. Oleh sebab itu Satgas yang telah ditunjuk di tiap-tiap nagari hendaknya bisa menjadi pionir dalam pengamanan dan perlindungan hutan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Ir. Hendri Octavia, M.Sc juga menyampaikan apresiasinya terhadp kinerja Satgas PPHBN Kab. Pasaman. Menurut beliau dari seluruh Satgas PPHBN yang ada di setiap kabupaten di seluruh Sumatera Barat, Kabupaten Pasaman merupakan yang paling aktif, dan Kadishut Provinsi berharap agar kinerja seperti ini bisa dipertahankan atah bahkan ditingkatkan.

Sedangkan Kadishut Kab. Pasaman dalam laporannya menyatakan di Kabupaten Pasaman telah membentuk PPHBN di setiap nagari dan berkomitmen untuk terus menjaga hutan, sejauh ini menurut beliau Satgas PPHBN sangat membantu Dinas Kehutanan dalam menjaga hutan, karena upaya Satgas PPHBN di lapangan sangat kooperatif dalam menyampaikan situasi di lapangan baik itu dalam bentuk SMS, surat, maupun pengaduan langsung.(Fadhlan)

Berita Terkait : Polhut